Selasa, 16 April 2013

Makalah: Pengetahuan Dasar Tentang Internet



BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Internet merupakan jaringan komputer yang ruang lingkupnya global dunia atau dengan kata lain sistem jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang terhubung untuk tujuan seperti yang telah disebutkan yaitu komunikasi, akses informasi, berbagi sumber daya atau data.
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.
              Berdasarkan fakta dan fenomena di atas, maka kami termotivasi untuk menyusun sebuah makalah dengan judul “Pengetahuan Dasar tentang Internet” dengan maksud agar kelak dapat menjadi salah satu referensi bermanfaat bagi pembaca.     
B.     RUMUSAN MASALAH
Hal-hal yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1.      Apa yang dimaksud dengan internet?
2.      Bagaimana sejarah perkembangan internet?
3.      Apa saja yang termasuk layanan internet?
4.      Apa manfaat dan dampak negatif  penggunaan internet?

C.    TUJUAN PENULISAN
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami:
1.      Pengertian Internet
2.      Sejarah internet
3.      Layanan internet
4.      Manfaat dan dampak negatif penggunaan internet


BAB II
PENGETAHUAN DASAR TENTANG INTERNET
A.    PENGERTIAN INTERNET

Internet singkatan dari interconnection-networking yaitu sebuah system global jaringan computer yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lain di seluruh penjuru dunia. Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.


B.     SEJARAH INTERNET

Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
C.    LAYANAN INTERNET
Layanan Internet  merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks.
Macam-macam Layanan Internet adalah sebagai berikut:
·        E-Mail
E-Mail atau surat elektronik merupakan layanan internet yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia maupun di dunia. Alamat e-mail saat ini layaknya sudah menjadi identitas pribadi, karena dengan e-mail kita bisa saling mengirim surat dengan cepat. Boleh dikatakan e-mail merupakan pengganti alamat rumah kita. Layanan internet berupa e-mail ini sangat banyak sekali macamnya, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Contoh e-mail yang gratis adalah Yahoo, Gmail, dan Hotmail.
·        World Wide Web (WWW)
Layanan internet yang berupa layanan www sangat populer di tengah-tengah masyarakat, layanan ini memungkinan kita semua bisa menjelajahi halaman website yang ada di internet. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan www guna mencari informasi berlimpah dari internet. Sekedar mengingatkan saja meskipun layanan www ini bermanfaat sekali tetapi juga banyak sisi negatif yang juga ditawarkan seperti perjudian, pornografi, dan trafficking.
·        Mailing List
Layanan internet Mailing list memungkinkan adanya sebuah forum diskusi antar para pemilik e-mail di internet. Materi diskusi biasanya dikirim ke e-mail masing-masing anggota diskusi. Penyedian Mailing List populer saat ini adalah Yahoo Groups. Anda bisa mendiskusikan berbagai macam topik diskusi dengan menjadi anggota sebuah mailing list.
·        E-Commerce
E-Commerce merupakan layanan internet untuk kepentingan ekonomi, seperti toko online. Dengan adanya layanan internet semacam ini anda tidak perlu repot lagi belanja ke mall atau supermarket untuk membeli barang yang anda inginkan. Cukup buka laptop anda kemudian koneksikan dengan internet, cari toko online terpercaya yang menjual barang yang anda inginkan, transfer dan barang keinginan andapun akan dikirim ke rumah anda.
·        E-Banking
Kemudahan transaksi dan transfer uang real time bisa anda dapatkan dengan menggunakan layanan internet E-Banking. Saat ini hampir semua bank pemerintah maupun swasta menyediakan fitur E-Banking ini kepada para nasabahnya. Kelebihan dari E-Banking di banding dengan transaksi biasa adalah kemudahannya. Untuk transfer misalkan, anda tidak perlu datang ke mesin ATM terdekat lagi untuk mentransfer sejumlah uang. Cukup gunakan layanan internet ini maka andapun bisa mentransfer uang dengan cepat.
·        Chatting
Layanan internet ini merupakan layanan favorit para kawula muda, chatting merupakan kegiatan berbincang melalui teks antar para pengguna internet seluruh dunia. Salah satu aplikasi chating yang sering digunakan adalah IRC (Internet Relay Chat) sebuah protokol yang memungkinkan semua user internet saling terhubung dan berbincang pada sebuah channel.
·        VOIP
Voice Over Internet Protocol (VOIP) merupakan layanan internet yang memungkinkan pembicaran via telephone dengan biaya gratis. Jika menggunakan layanan internet yang satu ini anda hanya memerlukan koneksi internet tanpa harus membayar pulsa telepon. Banyak sekali VOIP server gratis yang bisa anda gunakan untuk layanan internet ini salah satunya yang paling terkenal di Indonesia adalah VOIP rakyat.

D.    MANFAAT DAN DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN INTERNET
Manfaat Internet
·        Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
·        Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
·        Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
·        Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
·        Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
·        Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Dampak Negatif Internet
·        Terjadinya Pelanggaran Hak Cipta
Semua informasi bisa kita dapatkan dengan mudah melalui internet. Informasi tersebut dapat berupa berita, buku, artikel dan masih banyak lagi. Bahkan lagu atau film pun dapat kita ambil melalui internet. Hal ini bisa memicu adanya pembajakan atau penjiplakan dari hasil karya orang lain.
Pelanggaran Hak Cipta dapat merugikan si pembuat karya tersebut. Karena ide-ide yang telah dikeluarkan oleh si pembuat karya sudah dicuri atau diambil dan dijual oleh orang lain. Padahal kita tahu kan,,, dalam pembuatan suatu karya itu memerlukan ide-ide bagus dan sangat tidak mudah sekali bagi yang belum biasa membuatnya. Hal ini dapat mengurangi penghasilan bagi si pembuat karya.
·        Pornografi
Kita harus tahu dan berhati-hati dalam menggunakan internet. Karena internet dapat merusak akal pikiran kita. Selain Informasi yang bermanfaat bagi kita, di internet juga bisa kita dapatkan berbagai macam pornografi dengan mudah. Anda harus bersikap bijaksana dalam menggunakan internet, karena pornografi sekarang ini banyak sekali dan dengan mudah kita bisa mengunjunginya bahkan mendapatkannya melalui situs-situs yang ada di internet.
·        Kecanduan Internet
Internet menciptakan dunia tersendiri bagi penggunanya. Karena, di internet kita dapat melakukan banyak hal. Selain menjadi sumber informasi, di internet juga kita bisa menggunakannya untuk Chatting (ngobrol), bermain Game-Online dan masih banyak lagi. Orang yang sudah kecanduan internet dapat menganggap bahwa internet seperti dunia sendiri. Banyak juga orang mengatakan bahwa internet adalah dunia maya. Kita dapat terhubung dengan orang lain melalui internet meskipun orang tersebut belumpernah kita tahu keberadaannya.
Banyak sekali orang yang menikmati dunia maya atau internet. Bahkan orang dapat menghabiskan waktunya untuk untuk menikmati internet. Dan mereka pun tidak peduli berapa biaya yang mereka keluarkan untuk menikmati internet.
·        Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
·        Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
·        Carding
Karena sifatnya yang langsung, cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
·        Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    KESIMPULAN
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia. Perkemb.angan internet mengalami kemajuan pesat dari tahun ke tahun. Layanan-layanan yang disajikan pun semakin beragam. Mulai dari World wide web (www), E-mail, Mailing List, Chatting, VOIP, dan sebagainya.

Internet dapat memberikan manfaat besar bagi penggunanya, terutama dalam kemudahan memperoleh informasi serta kemudahan dalam komunikasi. Akan tetapi, tidak jarang internet member dampak negatif bagi penggunanya, jika digunakan secara tidak bijak. Dampak negative itu antara lain pelanggaran hak cipta, pornografi, kecanduan internet, perjudian, dan sebagainya. Oleh karena itu sebagai penguna internet, kita harus menggunakan internet secara bijak agar dapat memperoleh manfaat dan terhindar dari hal-hal negatif.

B.     SARAN
Setelah membaca makalah ini, disarankan kepada pembaca, agar:
1.      Meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dasar tentang internet agar kelak dapat ikut dalam persaingan global yang semakin ketat.
2.      Menggunakan dan memanfaatkan layanan internet dengan baik dan benar. Ambillah hal-hal positif dari internet dan jauhi hal-hal negatif.
3.      Membantu mengawasi penggunaan internet yang sehat dan positif di lingkungan masing-masing agar orang-orang di sekitar kita tidak terpengaruh dampak negatif internet.


DAFTAR PUSTAKA


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................................ i
DAFTAR ISI.......................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A.    Latar Belakang............................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................................ 2
C.     Tujuan Penulisan.......................................................................................... 2
BAB II PENGETAHUAN DASAR TENTANG INTERNET............................. 3
A.    Pengertian Internet...................................................................................... 3
B.     Sejarah Internet............................................................................................ 3
C.     Layanan Internet.......................................................................................... 5
D.    Manfaat dan Dampak Negatif Penggunaan Internet................................... 6
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN............................................................. 10
A.    Kesimpulan................................................................................................ 10
B.     Saran.......................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 11









ii
 


 
KATA  PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah dengan judul “Pengetahuan Dasar tentang Internet” ini dapat diselesaikan. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan orang-orang yang istiqomah di jalan-Nya.
Ucapan terima kasih juga kami ucapkan kepada orang tua yang selalu memberikan bantuan dalam bentuk dukungan dan do’a, juga kepada dosen mata kuliah yang selalu memberikan bimbingan, serta teman-teman yang turut memberikan bantuan sehingga makalah ini dapat hadir sebagai referensi bagi pembaca.
Akhirnya, tiada gading yang tak retak, tiada sesuatu yang sempurna selain Allah SWT. Demikian pula dalam penyusunan makalah ini, masih terdapat banyak kekurangan yang tentunya butuh perbaikan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik, saran, dan umpan balik lain yang bersifat membangun dari para pembaca demi penyempurnaan penyusunan makalah di masa yang akan datang.
Panggentungang, April 2013
i
 
Penyusun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar